Home » , , » Belajar bermain gitar, berikut langkah-langkahnya!

Belajar bermain gitar, berikut langkah-langkahnya!



Biasanya keinginan untuk bisa bermain suatu alat music tertentu itu muncul ketika beranjak diusia remaja, walaupun memang ada ketika masih anak-anak pun sudah ahli dalam alat music tertentu, dan untuk usia dewasa hingga tua, sepertinya jarang.
Keinginan untuk bisa memainkan alat music itu beragam, salah satunya yang paling banyak disenangi adalah belajar bermain gitar. Jika diamati pun, sepertinya saat ini, sangat kurang pas jika bernyanyi tanpa diringi gitar. Band-band saat ini, kelompok marawis, sampai penyanyi solo pun dalam menyanyikan lagunya selalu menyertakan alat music gitar untuk mengiringi suara vokalnya. Gitar dalam music bisa diibaratkan seperti sayuran tanpa garam, jika tidak ada alunan gitar dalam permainan music rasanya kurang gurih, tapi rasa gurihnya berbeda dengan kerupuk lho sob.
Oke dipostingan kali ini saya akan membantu sobat blog untuk mulai berlatih memainkan gitar, siapa tahu nanti anda bisa menjadi pemain gitar professional, kalaupun tidak jadi gitaris, minimal mampu bermain gitar bisa menemani kita saat sedang penat, kan enak sob bisa main gitar, bisa nyanyi-nyanyi sambil melepas penat.



Bagian-bagian gitar yang perlu sobat ketahui?

Sebelum ke medan pertempuran, maka kenali dulu medan pertempurannya.(Hehe). Sehingga sebelumnya sobat perlu memahami dulu bagian-bagian dari alat music gitar ini.

(gambar bagian gitar)


Tuning pegs berfungsi Menyetem/tuning senar gitar dengan nada sesuai pakem ataupun sesuai keinginan teman² bloger.
Nut berfungsi untuk menjaga senar gitar agar tetap pada tempat nya dengan jarak yang telah disesuaikan.
Fret Board adalah kayu lurus dan merupakan tempat untuk memainkan nada bisa juga disebut dengan neck.
Frets adalah potongan² logam yaang dipasang melintang atau tegak di sepanjang fretboard untuk membatasi wilayah nada.
Sound hole biasanya terdapat pada gitar acoustic yang berfungsi untuk meresonansikan suara yang dihasilkan oleh nada dari senar gitar.
Pick Guard fungsinya tidak lain adalah melindungi cat dan body gitar agar tidak mengelupas saat terkena gesekan oleh pick gitar.
Pickups merupakan penangkap getaran yang dihasilkan oleh senar gitar dan dikonversikan lagi menjadi sinyal energi listrik dan masuk ke amplifier kemudian baru keluar suara nada pada sound out.
Bridge merupakan penahan senar agar tidak lepas dari tempatnya.
Pickup Selector merupakan switch tobol diamana kita memilih pick up mana yang akan kita gunakan.
Volume Tone Kobs untuk mengatur volume dan tone sesuai sang gitaris.
Output Jack merupakan tempat menyambung kabel jack pada perangkat elektronik lain seperti amplifier araupun laptop.


Jenis Gitar seperti apa yang cocok untuk digunakan belajar?

Perlu dketahui bahwa jenis gitar itu beragam, ada Gitar Elektrik, semi-akustik, akustik, dan gitar akustik klasik. Dan jika di golongkan berdasarkan senar yang dipakai, ada gitar senar kawat/string dan juga gitar senar nylon. Nah untuk mengawali sobat untuk bemain gitar saya sarankan untuk menggunakan gitar apapun asal dengan senar nylon. Karena senar nylon jika ditekan, maka jari kita tidak terlalu sakit melihat bahan nyilon yang tebal dan lentur, berbeda dengan senar string yang tipis dan biasanya sakit untuk anda yang memiliki kulit jemari yang tips.


Tahapan bermain gitar

Selanjutnya setelah dipahami bagian-bagian dari gitar dan sudah memiliki gitar yang sesuai selanjutnya kita mulai latihannya.

1. Menghafal chord gitar,


Cara membacanya:
6 garis vertical pada diagram chord tersebut menunjukkan 6 senar gitarnya. Untuk garis paling kanan berarti sama dengan senar gitar paling bawah, sehingga untuk garis vertical paling kiri sama dengan senar gitar paling atas. Untuk baris-baris pada gambar chord menunjukkan kolom-kolom fret pada gitar. Sedangkan  Untuk tanda-tanda lingkaran kecil hitam tsb artinya, pada senar tsb dan di kolom fret tsb harus ditean dengan jari-jari anda, ingat satu tanda lingkaran kecil sama dengan satu jari, kecuali jika ada dua sampai tiga lingkaran kecil hitam di satu kolom frets bisa menggunakan jari telunjuk untuk menekan titk-titik tersebut.
Chord diatas idealnya memang dihafal semua, namun yang paling penting cukup menghafal chord-chord dasarnya saja, yang biasanya di tandai dengan chord yang hanya memiliki 3 simbol lingkaran hitam kecil.

2. Senam pelemasan jari
Mulailah melemaskan jari-jari anda, dengan senam jari ringan agar jari anda tidak kaku, terutama jari tangan kiri anda yang digunakan untuk menekan titik-titik senar gitar. Senam jari anda bisa dilakukan dengan mencoba mempraktekan cara menekan senar-senar sesuai diagram chord diatas tanpa memetik atau “menggenjreng” senar di badan gitar. Tujuannya agar jari anda mulai terbiasa menekan senar-senar tersebut.

3. Berlatih membunyikan senar satu per satu.
Dengan cara tangan kiri anda menekan senar sesuai chordnya, selanjutnya tangan kanan anda memulai dengan membunyikan senar ke 6 sampai 1 (dari atas sampai kebawah) secara bergantian. Jika ada salah satu senar yang bunyinya tertahan (bunyinya aneh)  berarti jari tangan kiri anda kurang menekan di senar tsb. Coba ulangi sampai tiap chord mulai berbunyi sempurna pada tiap senarnya.

4. Berlatih mencoba beberapa  lagu, dengan chord yang mudah
Carilah lagu yang memiliki chord-chord sederhana seperti chord  D, E, F, G, C, Am, Em. Jika sudah ketemu, maka cobalah memainkan lagu tersebut dengan chord gitarnya. Awalnya mungkin sedikit kaku, bisa terlihat dari jarak pergantian chord yang kurang cepat, namun itu tidak menjadi masalah, itu hal yang wajar untuk awal-awal berlatih gitar. Terus lakukan memainkan lagu-lagu tsb, dan juga sambil bernyanyi agar anda bisa merasakan kesesuaian nada  vocal dan nada gitarnya. Lakukan terus-menerus di lagu tsb saja sampai benar-benar bisa mengiringi lagu sampai selesai.

5. Berlatih merubah pola petikan.
Jika anda sudah bisa memanikan satu hingga dua lagu dengan baik, yaitu dalam melakukan pergantian chordnya sudah lebih cpat, maka selanjutnya anda bisa mulai memvariasai ketukannya slow, cepat hingga ngebeat pada petikan yang dilakukan tangan kanan anda.

6. Belajar bersama dengan orang lain yang sudah ahli.
Agar lebih bisa menguasai teknik-teknik bermain gitar, jangan sungkan-sungkan untuk belajar kepada mereka yang lebih ahli. Teman-teman, saudara, keluarga anda pasti salah satu diantaranya ada yang pandai bermain gitar. Dengan belajar kepada mereka bisa menambah pengetahuan dan skill permainan gitar kita. Itu Pasti !!


Berapa lama waktu yang diperlukan untuk bisa bermain gitar?

Belajar butuh ketekunan, seberapapun lamanya tapi jika tidak ada ketekunan tidak akan berhasil, ketekunan bisa diartikan usaha untuk terus membiasakan kita untuk berlatih. Tidak ada ukuran pasti seberapa lama orang bermain gitar, karena selain ketekunan juga dipengaruhi oleh kemampuan/bakat yang memang sudah dimiliki orang-orang tertentu, tapi jika anda tidak berbakat bukan berarti anda tidak bisa.
Secara pengalaman saya, untuk bisa bermain gitar, ukurannya tidak sampai ahli, namun sekedar bisa memainkan secara sempurna satu lagu saja, dibutuhkan sekitar 2 minggu, tentu ada yang lebih cepat dari itu. Namun jika terus ditekuni, semua yang awalnya sulit akan menjadi mudah.


Sekian postingan saya mengenai cara belajar gitar, semoga memotivasi anda untuk memulai belajar memainkan alat music yang popular ini.

Salam satu pikiran sob, bebagi itu indah.

Share this article :

0 Respon:

Post a Comment

Cari disini

Advertise



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Satu Pikiran Kita - All Rights Reserved