Home » , » Ini dia Pola tidur yang baik menurut ahli

Ini dia Pola tidur yang baik menurut ahli




Layaknya gadget yang perlu di-charge akan memulihkan energi dan kondisinya, tubuh juga perlu di-charge di saat-saat waktu tidur. Melalui pola tidur yang baik, kita dapat memulihkan kondisi tubuh dari kelelahan juga menyembuhkan diri dari bermacam penyakit. Tidur amat diperlukan akan tetapi tidur pada waktu-waktu yang salah akan mengganggu jam biologis tubuh. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan waktu tidur yang disarankan para pakar.

Waktu yang Disarankan untuk Tidur Siang

Tak cuman bayi dan anak-anak, orang dewasa juga butuh tidur siang untuk menambah energi dan memulihkan gairah. Waktu tidur siang yang disarankan berkisar antara pukul 1 siang hingga 4 sore, lebih dari pukul 4 ataupun mendekati senja akan menggangu waktu tidur di malam hari. Durasi tidur siang juga tak harus lama, yaitu 30 sampai 90 menit untuk memulihkan energi. Berdasarkan penelitian di universitas California-Berkley tahun 2010 ditemukan bahwa tidur siang selama 90 menit bisa meningkatkan kemampuan kognitif juga kreatifitas dan emosi orang dewasa.

Waktu yang Disarankan untuk Tidur Malam

Seperti yang telah diketahui secara umum, begadang di malam hari tidak bagus untuk kesehatan apa lagi jika hal tersebut menjadi kebiasaan. Aturlah waktu tidur di malam hari tidak lebih dari pukul 12 malam ke atas. Tidur tengah malam akan mengganggu jam-jam biologis tubuh dan mengakibatkan lemas saat hendak beraktifitas keesokan hari. Durasi tidur malam untuk tiap orang berbeda akan tetapi umumnya durasi yang ideal yakni 6-8 jam.

Bagaimana Membiasakan Waktu Tidur yang Baik

Untuk meraih waktu tidur yang sesuai dengan durasi yang pas, kita diharuskan memperhatikan beberapa hal yang menjadi penyebab insomnia seperti:
  • Tidurlah pada kondisi gelap agar mengaktifkan hormone melatonin yang bisa mendukung tubuh lebih rileks. Kondisi gelap memberi sinyal mengantuk pada tubuh.
  • Jauhkan gadget ataupun alat elektronik yang membuat kita terjaga. Oleh sebab itu,, disarankan agar tidur dalam kamar khusus yang memang didesain untuk tidur.
  • Apabila kita memerlukan alarm, gunakanlah alarm jam weker untuk menggantikan HP. Hal itu bertujuan agar kita dapat lebih focus untuk tidur daripada bermain HP.
  • Tentukan waktu tidur yang sesuai serta sering pergi tidur di waktu yang sama. Contoh bila kita hari ini tidur pukul 10 malam, pastikan keesokan harinya kita kembali pergi tidur jam 10 malam. Bangunlah juga di jam yang sama maka kita bisa terbangun tanpa memakai alarm.
  • Hindari pengganggu seperti suara yang bising ataupun hal-hal yang bisa membangunkan kita di tengah malam. Terbangun saat tidur akan membuat kita gemetar lalu sulit melanjutkan tidur.
  • Jangan meminum minuman berkafein semacam teh maupun kopi. Sebaliknya, minumlah segelas air putih atau susu coklat hangat agar tubuh lebih rileks.
  • Tidurlah dalam kondisi terbebas dari rasa ingin buang air kecil atau besar. Menahan buang air kecil mapun besar bisa membuat kita terbangun baik disebabkan mimpi buruk maupun karena panggilan alam.


Share this article :

1 Respon:

  1. Selain itu, anda dapat mengatur waktu tidur anda dengan baik dengan tips ini, terimakasih.

    ReplyDelete

Cari disini

Advertise



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Satu Pikiran Kita - All Rights Reserved