Home » » Mual saat menggosok gigi, apa penyebabnya?

Mual saat menggosok gigi, apa penyebabnya?


Pernahkah anda merasa mual saat sedang menggosok gigi? baik saat sedang menggosokkan sikat gigi atau setelahnya disaat kita membersihkan mulut kita dengan air. jika pernah maka anda perlu mengetahui apa penyebab hal tersebut bisa terjadi, lalu bagaimana cara mengatasi mual saat menggosok gigi tsb? simak ulasan berikut:

Mual saat menggosok gigi? memang terdengar cukup aneh, namun hal tersebut memang terjadi pada sebagian orang. 

Apa penyebabnya?
ada beberapa hal yang menjadi sebab terjadinya mual saat menggosok gigi tersebut, yaitu sebagai berikut:
  1. Karena rongga kerongkongan Anda yang terlalu sensitif, sehingga saat ada benda asing (dalam hal ini, benda tersebut adalah sikat gigi) masuk ke rongga mulut saat Anda menyikat gigi belakang, atas dan bawah, maka akan timbul refleks kontraksi berupa rasa mual, atau bahkan sampai muntah.
  2. Dapat pula disebabkan oleh penekanan yang berlebih saat Anda menyikat gigi.
  3. Penyebab lainnya, umum dikaitkan dengan penyakit maag atau gangguan lambung. Ketika asam lambung Anda meningkat, maka bisa menyebabkan Anda mual saat menyikat gigi.
  4. Selain penderita  kelainan saluran pencernaan, ibu-ibu hamil juga sering merasa mual saat gosok gigi pagi hari karena bagian dari morning sickness. hal tersebut tergolong wajar.

Bagaimana cara mengatasinya?
di dapat dari berbagai sumber, ditemukan beberapa tips untuk meminimalisir atau bahkan mengatasi rasa mual tersebut, diantaranya:

  1. Bernafas melalui mulut saat menggosok gigi. Tarik nafas dalam-dalam saat ingin muntah, dan hindari menahan nafas, atau berkonsentrasi bernafas dengan satu cara, karena hal itu hanya akan memperparah keadaan.
  2. Jangan membuka mulut terlalu lebar atau dengan kaku. Lemaskan otot-otot mulut dan tenggorokan Anda. Bila memungkinkan, gosoklah gigi Anda perlahan-lahan tanpa membuka mulut. Jika asam lambung naik, buang dulu busa food gigi Anda.
  3. Jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat dengan kuat, karena tanpa sengaja tangan Anda bisa menyodok terlalu keras.
  4. Gantilah pasta gigi Anda dengan pasta gigi yang tidak berbusa (tanpa deterjen) untuk meminimalisir rasa mual saat sedang menyikat gigi.
  5. Ganti juga sikat gigi Anda dengan kepala sikat yang lebih kecil dan bulu sikat yang lembut untuk mengurangi rasa sensitif.
  6. Untuk pemilik tenggorokan sensitif, karena seringkali mual dan acara gosok gigi harus dihentikan sebelum tuntas, bantulah dengan obat kumur untuk membersihkan mulut, gusi, sela gigi, dan lidah. Masih kurang? Coba gunakan  dental yarn untuk menyapu lidah Anda. Ambil yarn sepanjang biasanya, lalu sapukan ke lidah Anda dari dalam ke luar.
  7. Untuk yang pernah mual atau muntah lalu kuatir terulang lagi, jangan biarkan pikiran negatif tersebut mengganggu Anda. Hari kemarin sudah lewat, hari kini yang kita hadapi. Daripada membayangkan rasa mual, lebih baik bayangkan hal lain yang lebih menyenangkan. Tapi jangan melamun jorok juga sih, ini kan masih pagi.


Semoga ulasan diatas bisa membantu sobat blog yang mengalami masalah yang sama. saya juga pernah merasakan rasa mual tersebut gan, dan setelah saya coba tips diatas ternyata cukup membantu.
Sekian, salam satu pikiran.

Share this article :

0 Respon:

Post a Comment

Cari disini

Advertise



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Satu Pikiran Kita - All Rights Reserved