Home » , , » Berbagai manfaat bermain Gitar

Berbagai manfaat bermain Gitar




Gitar merupakan alat music yang cukup popular dikenal masyarakat. Rasanya kurang lengkap jika dalam permainan music seperti pertunjukkan band-band tanpa diiringi dengan nada gitar. Gitar juga termasuk alat music yang mudah dipelajari dan terbilang murah. Gitar memiliki beragam jenis yang diproduksi, ada ratusan label namun yang terkenal adalah jenis gitar seperti rolling, tele, les paul, rockson, prince, dan lain sebagainya.

Type gitar dibedakan menjadi 2, yaitu gitar akustik dan electric. Secara waktu juga ada pembagian gitar dibedakan menjadi gitar tradisional dan gitar modern. Gitar tradisional dibuat dari bahan jenis kayu, sedangkan gitar modern dibuat dari bahan material polikarbonat.

Dalam bahasa inggris disebut “guitar” yang di ambil dari Persia menjadi nama alat music petik kuno waktu itu dikenal sebagai sethar atau citar sekitar 1500 SM. Bagian-bagian gitar utamanya terdiri dari 3 bagian yaitu kepala, leher, dan badan. Gitar memiliki 6 senar dan fret yang jumlahnya berbeda tiap gitar, namun umumnya ada 12 fret. Berikut adalah titik nada pada gitar (sumber: Wikipedia).

0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12
E F F♯ G A♭ A B♭ B C C♯ D E♭ E
B C C♯ D E♭ E F F♯ G A♭ A B♭ B
G A♭ A B♭ B C C♯ D E♭ E F F♯ G
D E♭ E F F♯ G A♭ A B♭ B C C♯ D
A B♭ B C C♯ D E♭ E F F♯ G A♭ A
E F F♯ G A♭ A B♭ B C C♯ D E♭ E

Gitar menjadi alat music yang popular di masyarakat hingga dunia. Belajar gitar cukup mudah bagi yang benar-benar serius untuk mempelajarinya. Namun untuk menjadi benar-benar handal, hanya beberapa orang saja yang mampu. Sebut saja gitaris terkenal dunia seperti Joe Satriani, Steve Vai, John Petrucci, yang memiliki skill luar biasa di masing-masing genrenya.

Bagi anda yang ingin belajar gitar, kini banyak tersedia tempat-tempat les music yang bisa membantu anda. Atau jika ingin lebih efisien, anda hanya perlu gitar dan belajar dengan orang yang dikenal atau bahkan belajar sendiri secara otodidak(baca juga:cara belajar gitar). Bermain music memiliki banyak manfaat yang bisa dapatkan termasuk Gitar. Berikut fakta-fakta manfaat yang kita dapat dari bermain gitar:

1. Meningkatkan Fungsi Otak

Sudah lama para ahli Skotlandia meneliti manfaat yang di dapat dari bermain gitar. Hingga mereka menemukan bawah dengan bermain gitar mampu membuat fungsi otak semakin berkembang. Hal ini baik untuk anak muda, yang masih dalam tahap pertumbuhan. Dengan bermain gitar selagi dalam masa pertumbuhan fisik akan baik untuk perkembangan kemampuan berpikir kita juga.

2. Menghilangkan rasa sakit

Kondisi saat kita sakit sangat tidak menyenangkan. Kita hanya  bisa di buat diam beristirahat di tempat tidur hingga menunggu fisik kita benar-benar pulih. Namun bagi anda yang bisa bermain gitar jangan khawatir, jika memungkinkan maka bermainlah gitar. Karena gitar membantu kita untuk mereduksi rasa sakit yang kita rasakan. Mungkin belum bisa menyembuhkan rasa sakit fisik kita, namun secara psikologis rasa sakit tersebut terasa berkurang. Sugesti itu baik dan akan turut membantu anda dalam proses penyembuhan. manfaat tersebut berangkat dari hasil penelitian yang dilakukan Universitas Utah’s Pain Research Center.

3. Kesehatan jantung

Dengan bermain gitar kurang lebih 2 jam dalam sehari turut membantu menurunkan tekanan darah, serta detak jantung kita. Hal itu ditemukan dari hasil Studi di Belanda. Bagi pakar kesehatan jantung turut merekomendasikan bawah bermain gitar baik untuk penderita jantung, karena menurunkan tekanan darah dan kardiovaskular pada jantung.

4. Menghilangkan stress

Bermain gitar memang terasa enak saat sedang penat. Pikiran kita terasa lebih tenang, saat bermain gitar atau mendengarkan suara gitar tersebut. Ternyata suara gitar tersebut berpengaruh untuk menurunkan tingkat stress pendengarnya pada tingkat genomic. Hasil riset tersebut telah dilakukan di Loma Linda School of medicine. Oleh karena itu, ketika kita terasa sangat penat akan banyak urusan yang menumpuk meka luangkan waktu kita untuk bermain gitar. Dengan begitu pikiran kita akan lebih rileks dan ringan untuk kembali bekerja.

5. Menarik perhatian wanita

Penelitian yang dilakukan di Israel menyatakan bahwa seseorang yang bermain music turut meberikan kesan kejantanan. Hal itu di buktikan oleh peneliti dengan mengirimkan foto kepada 100 orang wanita. 50 orang diberi foto pria tampan dengan gitarnya, 50 sisanya diberi foto tanpa gitar. Hasilnya dari masing-masing 50 foto untuk pria dengan gitar dipilih oleh 10 orang perempuan, dan hanya 5 yang memilih pria tanpa bergitar, dan sisanya tidak menghiraukan. Wow, menarik bukan bagi kita yang ingin mencari pasangan, untuk mempermudah proses pencarian tidak ada salahnya anda belajar bermain gitar terlebih dahulu.

6. Turut berprestasi di bidang akademis

Bidang akademis biasanya dipengaruhi oleh kinerja otak kiri kita. Memang music sendiri adalah kinerja otak kanan. Namun bermain gitar ternyata bisa mengaktifkan otak kanan dan kiri secara bersamaan. Hal itu di ungkap oleh Dr. Gordon Show, yang membenarkan bahwa orang yang mahir bermain gitar akan berpotensi meraih prestasi di mata pelajaran yang lain karena saat bermain gitar kedua bagian otak kita aktif bersamaan.

7. Menambah pergaulan

Orang yang bisa bermain gitar biasanya menjadi pusat perhatian. Disaat kita sedang bermain gitar teman-teman kita akan turut berkumpul mendengarkan alunan gitar kita dan bernyanyi bersama-sama. Hal itu cukup baik dalam membantu kita lebih dikenal dan menjadi modal menjalin pertemanan dengan orang lain. Apalagi jika kita bergabung membuat band sendiri, atau bahkan kita ikut di komunitas para gitaris, tentu akan menambah pergaulan kita.

8. Prospek karir menjadi gitaris professional

Jika kita serius dalam bermain gitar, dan ditunjang dengan bakat yang luar biasa mengalir dalam diri kita. Tidak ada salahnya untuk menjadikan kemampuan anda tersebut sebagai sumber penghasilan. Dengan menjadi pemain gitar untuk acara-acara formal tertentu saja atau terjun di dunia music industry secara serius pun bisa dilakukan.

9. Mengasah kemampuan vocal

Sejatinya Pemain gitar adalah pengiring suara vocal. Pemain gitar di haruskan untuk memahami nada dasar vokalisnya sehingga mampu mengiringi dengan baik. Kemampuan itu yang membuat kordinasi otak pemain gitaris cukup baik antara menyelaraskan suara vocal dan nada gitar. Karena itulah, gitaris juga bisa mengasah kemampuan vokalnya sendiri dengan bermain gitar. Justru pemain music seperti gitaris akan lebih bisa memiliki ruang latihan bernyanyi lebih banyak karena secara mandiri bisa berlatih vocal sekaligus diiringi oleh musiknya sendiri. Sehingga, tidak aneh jika kita tahu bahwa biasanya para pemain gitar mampu menciptakan lagu-lagu yang enak di dengar yang bisa di nyanyikan oleh orang lain.

10. Meningkatkan rasa percaya diri

kemampuan bermain gitar tidak semua memilikinya. Bahkan yang sudah dewasa dan disibukkan oleh dunia kerja tidak sempat untuk mulai belajar gitar. Oleh karena itu bagi remaja yang masih punya banyak waktu luang sebaiknya mulai belajar bermain gitar. Karena bermain gitar melatih kita untuk tekun dan berusaha menginternalisasi teknik yang harus dikuasai, dan tidak semua sanggup menjalaninya. Sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang tergolong bisa meguasai alat music gitar ini. Dengan demikian pemahaman tersebut tentu akan mempengaruhi rasa percaya diri kita karena kita turut berbangga menjadi bagian dari orang yang bisa memainkan alat music popular ini.

11. Menghibur orang lain

Dengan permainan gitar kita tidak hanya menghibur diri sendiri saja melainkan turut memberi rasa kenyamanan jiwa bagi orang lain. Penelitian yang dilakukan di Wellness center body-mind mengafirmasi bahwa kenyaman jiwa yang dirasakan tidak hanya berlaku bagi mereka yang memainkan, melainkan juga bagi mereka yang mendengarkan. Sehingga kita turut membantu teman kita yang sedang kesusahan untuk merasa lebih baik dengan memperdengarkan alunan music gitar yang kita mainkan. Selain dapat pahala karena telah membantu teman, tentu kita juga mendapatkan citra baik dimata teman kita tersebut.


sumber informasi: manfaat.co.id
Share this article :

0 Respon:

Post a Comment

Cari disini

Advertise



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Satu Pikiran Kita - All Rights Reserved