Home » , » Manfaat menguap bagi kesehatan

Manfaat menguap bagi kesehatan




Menguap termasuk kondisi umum yang dialami oleh semua orang termasuk bayi dan orang dewasa di dalam hidup mereka. Menguap merupakan indikasi kelelahan, bosan ataupun mengantuk. Banyak fakta menarik tentang menguap seperti jika Anda melihat seseorang menguap maka anda akan menguap pula. Banyak orang menganggap menguap hanya sinyal jika kita sedang capek maupun mengantuk akan tetapi tidak banyak yang tau jika menguap rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan.
Mendinginkan Otak. Siapa yang menyangka aktivitas Menguap rupanya bermanfaat untuk otak. Fakta membuktikan jika menguap bisa membantu menenangkan serta mendinginkan otak. Berdasarkan keterangan Peneliti dari Princeton University dan University of Arizona, bahwa menguap berfungsi sebagai 'termostat' alami saat kepala kita mulai memanas. menguap akan memasukkan udara dingin ke dalam tubuh sehingga otak kita kembali ke suhu normal. Penelitian itu juga menemukan bahwa di musim dingin orang menguap 2 kali lebih banyak daripada musim panas hal ini karena suhu tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan udara di sekitar mereka. 

1. Memperbanyak suplay oksigen. Alasan kenapa kita menguap adalah untuk membawa lebih banyak oksigen ke dalam tubuh. Ketika kita menguap, maka paru-paru akan terisi oksigen dari luar sekaligus melepaskan penumpukan karbondioksida. Kondisi ini mungkin menerangkan kenapa kita lebih sering menguap saat kita berada dengan banyak orang di tempat tertutup, sebab hal tersebut akan membuat karbondioksida lebih banyak sehingga tubuh lebih banyak memerlukan oksigen. 

2. Memudahkan peregangan otot. Menguap ternyata juga bermanfaat memudahkan peregangan gendang telinga, otot-otot wajah serta dada. Dengan demikian, kita akan lebih rileks karena akan memperbanyak jumlah oksigen. Ketika kita menguap maka akan terjadi peregangan gendang telinga yang akan membantu fungsi pendengaran sehingga mampu bekerja lebih baik. 

3. Meningkatkan rasa empati. Hal ini bukan berarti orang yang jahat dengan banyak menguap akan jadi lebih baik, akan tetapi paling tidak suatu penelitian memberitahukan kepada kita bilamana menguap akan merangsang bagian otak yang bertanggung jawab menghasilkan perasaan empati, kasih sayang, serta kepedulian sosial terhadap orang lain. Sehingga intinya menguap secara tidak langsung bisa meningkatkan kepedulian kita kepada orang lain.

Sebenarnya ahli saraf sukses mengungkap bahwa paling tidak ada 12 manfaat neurologis yang akan kita dapat ketika menguap termasuk meningkatkan fungsi intelektual, penurunan toksisitas dalam pikiran melatih refleksi serta meningkatkan memori.

Share this article :

0 Respon:

Post a Comment

Cari disini

Advertise



 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Satu Pikiran Kita - All Rights Reserved